Resep Ayam Teriyaki Sederhana Teflon Anti Lengket: Bikin Ngiler Tetangga, Dijamin Gak Bakal Nempel!

"Sob, makan siang apa kita hari ini?" tanya Nadya, temen Juwairiyah yang hobi makan tapi mager masak. Juwairiyah udah hafal sama tabiatnya. Tiap jam makan siang pasti nongol di depan pintu kontrakan Juwairiyah sambil pasang muka melas. 

"Tumben nanya, biasanya juga ngabisin stok makanan Juwairiyah," jawab Juwairiyah sambil ngelirik tupperware di atas meja yang isinya tinggal seuprit. 

"Ya kan, siapa tau Juwairiyah lagi baik hati mau masakin Nadiya. Masak apa gitu, yang gampang tapi enak. Kayak Juwairiyah yang baik hati.... Hehehe"

Resep Ayam Teriyaki Sederhana Teflon Anti Lengket
Resep Ayam Teriyaki Sederhana Teflon Anti Lengket

Juwairiyah pun menghela napas panjang. "Oke, oke. Hari ini Juwairiyah lagi baik, nih. Juwairiyah mau bikin ayam teriyaki. Kamu bantuin masak, ya, baru boleh ngabisin makanannya."

"Ayam teriyaki? Wah, boleh tuh! Tapi seriusan teflon anti lengket kamu bisa bikin teriyaki yang kinclong gitu? Juwairiyah kan anti sama ayam teriyaki yang gosong-gosong kayak muka mantan kamu."

"Tenang aja, sob. Teflon anti lengket Juwairiyah ini sangat bagus banget sob. Resep Juwairiyah juga gampang banget. Liat dan belajar, ya!"

Oke, sob, buat kalian yang punya temen kayak Nadya, atau buat kalian yang juga pengen makan enak tapi mager masak, simak nih resep ayam teriyaki sederhana teflon anti lengket yang bisa bikin ngiler tetangga!

Dari Manakah Asal Masakan Ayam Teriyaki?

Sebelum mulai masak-masak, Juwairiyah mau cerita dikit nih soal asal usul si ayam teriyaki ini. Jadi, gini, ceritanya.... 

Jeng jeng jeng

Ayam teriyaki ini aslinya dari Jepang, sob. Bukan dari planet Namec atau tempat-tempat asing lainnya. Masakan ini mulai populer di Jepang sekitar abad ke-17, Zaman Edo dulu. 

Nah, kalo sobat bayangin orang Jepang zaman dulu makan ayam teriyaki sambil main pedang samurai di bawah pohon sakura, ya, kurang lebih kayak gitu lah suasananya. 

Tapi, ayam teriyaki zaman dulu beda sama yang kita kenal sekarang, lho. Dulu, bumbunya lebih simpel, pake kecap asin, mirin (anggur beras Jepang), sama gula aja. Nggak pake jahe, bawang putih, atau rempah-rempah lainnya. 

Terus, ayamnya juga biasanya dibakar di atas arang, bukan digoreng di teflon anti lengket kayak yang mau Juwairiyah bikin ini. Maklum, zaman dulu kan teflon anti lengket masih langka, sob. Kalah pamor sama pedang samurai.

Nah, seiring berjalannya waktu, resep ayam teriyaki ini terus berkembang. Orang-orang Jepang mulai menambahkan bumbu-bumbu lain buat memperkaya rasa. Cara masaknya juga makin beragam. Ada yang dibakar, digoreng, atau dipanggang. 

Pokoknya, ayam teriyaki ini udah kayak artis aja. Sering di-makeover, tapi tetep cantik dan mempesona. Eits, maksud Juwairiyah, tetep enak dan bikin nagih!

Mengapa Usaha Ayam Teriyaki Cukup Menjamur dan Bagaimana Peluang Prospeknya?

"Woi, Juwairiyah, ngapain ngelamun di depan kompor? Kebakaran nanti kontrakan kita! " teriak Nadya sambil ngerebut spatula dari tangan Juwairiyah. 

"Eh, iya, Sob. Lagi mikir aja, kok ayam teriyaki ini bisa nge-hits banget ya di Indonesia? " tanya Juwairiyah sambil ngelirik Nadya yang lagi asyik ngaduk-ngaduk ayam di teflon. 

"Ya iyalah nge-hits! Enak, gampang dibuat, modalnya juga nggak gede-gede amat. Cocok lah buat kantong mahasiswa kayak kita," jawab Nadya enteng. 

Bener juga sih kata Nadya. Ayam teriyaki ini emang punya banyak kelebihan, selain rasa yang enak dan bikin nagih. Nggak heran kalo banyak orang yang tertarik buat jualan ayam teriyaki. 

Mulai dari warung tenda pinggir jalan sampai restoran mewah, semua pada jualan ayam teriyaki. Persaingannya sih udah pasti ketat banget. Tapi, kalo sobat pinter-pinter ngolah strategi, bukan hal yang mustahil buat sukses jualan ayam teriyaki. 

  • Pertama, sobat harus punya resep ayam teriyaki yang "nendang". Nggak cuma enak, tapi juga unik dan beda dari yang lain.
  • Kedua, sobat harus kreatif dalam hal presentasi dan packaging.
  • Ketiga, sobat harus jago promosi, baik secara offline maupun online. 

Kalo sobat bisa konsisten ngelakuin tiga hal itu, Juwairiyah yakin usaha ayam teriyaki sobat bakal rame pembeli. Prospeknya juga cerah ceria, secerah masa muka sobat yang cantik jelita, hehehe...

Apa Keistimewaan Ayam Teriyaki Dibandingkan Kuliner Lainnya?

"Hai, sob, masak ayamnya jangan pake amarah dong! Nanti keras ayamnya, susah dikunyah," kata Juwairiyah sambil ngeliatin Nadya yang lagi mukulin ayam pake spatula. 

"Nadya gemes, Sob! Kenapa sih ayam teriyaki ini enak banget? " jawab Nadya sambil ngunyah ayam yang baru aja dia masak. 

"Ya iyalah enak! Bumbunya aja meresap sempurna gitu. Manis, gurih, asin, semua rasa menyatu dengan indahnya. " 

"Iya juga ya. Emang beda sih ayam teriyaki sama kuliner lain. Rasanya sangat enak dan memukau gitu," timpal Nadya sambil nyeruput kuah teriyaki. 

Juwairiyah ngangguk setuju. Ayam teriyaki emang punya keistimewaan tersendiri dibanding kuliner lain. Mulai dari rasa yang unik dan menggugah selera, tekstur ayam yang lembut dan juicy, sampai aroma yang menggugah selera. 

Selain itu, ayam teriyaki juga termasuk kuliner yang fleksibel. Bisa dimakan sama nasi putih, mie, atau bahkan roti. Bisa dinikmati kapan aja, mau buat makan siang, makan malam, atau bahkan cemilan tengah malam. 

Pokoknya, ayam teriyaki ini kuliner "all rounder" yang cocok buat semua kalangan. Nggak heran kalo ayam teriyaki jadi salah satu kuliner favorit di seluruh dunia. Termasuk Juwairiyah dan Nadya pastinya. 

Resep Ayam Teriyaki Sederhana Teflon Anti Lengket

Berikut resep ayam teriyaki sederhana yang bisa dimasak menggunakan teflon anti lengket:

Bahan-bahan:

  • 500 gram dada ayam, potong dadu
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus teriyaki
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdm minyak wijen
  • 100 ml air
  • 1 sdm minyak goreng

Cara membuat:

  1. Panaskan teflon dengan minyak goreng, lalu tumis bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan potongan ayam, masak hingga berubah warna.
  3. Tambahkan bawang bombay, aduk hingga layu.
  4. Tuangkan kecap manis, saus teriyaki, kecap asin, saus tiram, gula pasir, dan lada bubuk. Aduk rata.
  5. Tambahkan air, masak hingga ayam matang dan bumbu meresap.
  6. Terakhir, tambahkan minyak wijen, aduk rata.
  7. Angkat dan sajikan ayam teriyaki dengan taburan biji wijen (opsional) dan nasi hangat.

Nah, itu dia resep ayam teriyaki sederhana teflon anti lengket yang bisa bikin ngiler tetangga. Gimana? Gampang banget kan? Sekarang, nggak ada alasan lagi buat nggak masak ayam teriyaki sendiri di rumah. 

Tunggu apa lagi? Yuk, buru-buru siapin bahan-bahannya dan mulai masak! 
Jangan lupa share pengalaman masak kalian di kolom komentar, ya! Kunjungi juga website kesayangan kita, www.juwairiyah.com, buat dapetin resep-resep kuliner lezat lainnya. See you there!

Posting Komentar untuk "Resep Ayam Teriyaki Sederhana Teflon Anti Lengket: Bikin Ngiler Tetangga, Dijamin Gak Bakal Nempel!"