Resep Opor Ayam Enak Dan Empuk: Bikin Nagih Sampai Nambah Terus!

Resep Opor Ayam Enak Dan Empuk: Bikin Nagih Sampai Nambah Terus!
Resep Opor Ayam Enak Dan Empuk: Bikin Nagih Sampai Nambah Terus!

Hai Sobat Juwairiyah, kamu tau kan, kalo Lebaran tuh identik banget sama yang namanya opor ayam? Iya, si kuah santan gurih yang selalu berhasil bikin nambah nasi terus ini emang udah jadi primadona di berbagai daerah saat Lebaran tiba.

Tapi, nggak cuma Lebaran aja sih, opor ayam ini emang cocok disantap kapan aja, apalagi kalo lagi kumpul bareng keluarga besar. Nah, di artikel kali ini, Juwairiyah mau bagi-bagi resep opor ayam enak dan empuk ala Juwairiyah yang pastinya bikin nagih! Tapi sebelum itu, kita kupas tuntas dulu yuk, kenapa sih opor ayam ini jadi makanan sejuta umat?

Kenapa Opor Ayam Sebagainya Makanan Yang Sangat Digemari?

Jujur aja deh, siapa sih yang bisa nolak kelezatan semangkuk opor ayam? Kuah santannya yang gurih, ditambah potongan ayam empuk yang bikin nagih, dan aroma rempah yang khas, udah pasti bikin perut keroncongan. Belum lagi kalo disantap bareng nasi hangat dan sambal pedas, beuh... Rasanya pengen nambah terus! 

Kenapa Opor Ayam Selalu Ada Saat Idul Fitri?

Nah, kalo ini sih udah jadi tradisi turun temurun ya, Sob. Opor ayam tuh kayaknya udah jadi hidangan wajib yang nggak boleh absen di meja makan saat Lebaran. Katanya sih, opor ayam ini punya makna yang dalem banget, yaitu simbol kebersamaan dan kekeluargaan.

Gimana nggak, proses pembuatan opor ayam yang butuh waktu dan ketelatenan ini, biasanya dikerjain bareng-bareng sama anggota keluarga. Jadi, kebayang kan gimana serunya momen kebersamaan itu? 

Kenapa Opor Ayam Banyak Dijual? 

Ya iyalah, Sob! Opor ayam itu kan enak banget, siapa yang nggak doyan? Apalagi kalo udah Lebaran, banyak orang yang sibuk silaturahmi dan nggak sempet masak, nah di situlah peran para penjual opor ayam yang siap manjain lidah kita dengan masakan rumahan yang lezat. 

Oke deh, daripada makin ngiler ngebayangin kelezatan opor ayam, mending langsung aja kita simak resepnya berikut ini! 

Resep Opor Ayam Enak dan Empuk

Jumlah Porsi: 8 porsi
Waktu Persiapan: 15 menit
Waktu Memasak: 25 - 30 menit
Kategori Masakan: Masakan Nusantara/Indonesian Foods

Berikut resep opor ayam yang enak dan empuk:

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 500 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  • 1 liter santan encer
  • 2 sdm minyak goreng (untuk menumis)
  • Garam dan gula secukupnya

Bumbu Halus:

  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 2 cm kunyit, bakar
  • 1 sdt ketumbar, sangrai
  • 1/2 sdt jintan, sangrai
  • 1 sdt merica butir

Cara Membuat:

  1. Persiapan Ayam: Bersihin ayam yang telah dipotong-potong. Lumurin ayam dengan sedikit garam dan diamin selama 15 menit, terus bilas ya.
  2. Siapin Bumbu Halus: Halusin semua bahan bumbu halus dengan blender atau ulekan hingga benar-benar halus.
  3. Menumis Bumbu: Panasin minyak goreng di dalam wajan. Tumis bumbu halus hingga harum dan mateng.  Terus tambahin serai, daun salam, daun jeruk, ama lengkuas, lalu aduk hingga merata.
  4. Memasak Ayam: Masukin potongan ayam ke dalam tumisan bumbu, aduk hingga ayam berubah warna dan bumbu meresap.
  5. Menambahkan Santan Encer: Tuangin santan encer ke dalam wajan, masak dengan api sedang sambil terus diaduk perlahan agar santan tidak pecah. Masak hingga ayam setengah mateng.
  6. Memasak dengan Santan Kental: Setelah ayam setengah metang, masukin santan kental. Aduk perlahan dan masak dengan api kecil hingga ayam benar-benar empuk dan mateng sempurna. Jangan lupa ya sob untuk sesekali diaduk agar santan tidak pecah ya.
  7. Penyedap Rasa: Tambahin garam dan gula secukupnya. Cicipin dan sesuain rasa sesuai selera Sobat.
  8. Menyajikan: Setelah mateng, angkat dan sajikan opor ayam dalam mangkuk saji. Opor ayam siap dinikmati ama nasi putih anget atau lontong.

Gimana, Sob? Gampang banget kan bikin opor ayam sendiri di rumah? Dijamin deh, rasa opor ayam buatan sendiri tuh beda sama yang beli. Lebih spesial dan pastinya lebih hemat! 

Nah, itu dia Resep Opor Ayam Enak Dan Empuk ala Juwairiyah. Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi sobat yang lagi cari resep opor ayam anti gagal. Kalo ada yang mau ditanyain, langsung aja tulis di kolom komentar ya! Jangan lupa juga buat kunjungi website kita di www.juwairiyah.com buat dapetin resep-resep lezat lainnya!

Posting Komentar untuk "Resep Opor Ayam Enak Dan Empuk: Bikin Nagih Sampai Nambah Terus!"